Belajar dan Mengenal Contoh Recount Text

By Categories : Recount text

Ketika mempelajari bahasa Inggris, kita dikenalkan dengan berbagai macam jenis teks. Maka banyak dari kita yang merasa bingung ketika membedakan jenis teks yang satu dengan yang lainnya. Kesulitan itu juga dirasakan ketika terdapat tugas untuk membuat recount text. Sudah banyak buku yang berisi penjelasan dan contoh recount text, namun terkadang sulit dipahami. Untuk mengatasi hal tersebut, artikel ini akan menjelaskan bagaimana recount text, agar selanjutnya anda dapat membuat recount text sendiri.

contoh recount text

Recount text merupakan karangan bahasa Inggris yang berisi kejadian atau pengalaman yang telah terjadi di waktu sebelumnya. Tema yang biasanya digunakan untuk menulis recount text adalah pengalaman yang berkesan sehingga selalu diingat oleh penulisnya. Contoh recount text dapat kita temukan di buku tentang perjalanan dan pengalaman hidup seseorang, dan lain-lain. Cara yang paling sederhana untuk berlatih menulis recount text dapat dilakukan dengan menulis buku harian atau blog pribadi. Apa saja struktur yang harus ditulis dalam membuat recount text? Struktur recount text dapat dikenali dari 3 bagian, yang pertama Orientation. Orientation merupakan pengenalan tentang peristiwa masa lalu yang hendak diceritakan kembali oleh penulis. Bagian orientation pada recount text misalnya, on Sunday we stayed at Aston hotel. It has a big swimming pool. Bagian kedua adalah Events. Events digunakan untuk menceritakan kronologis peristiwa secara urut. Pada recount text bagian Events, biasanya sering dijumpai kalimat “In the first day, and the next day…’. Bagian terakhir adalah Reorientation. Reorientation berisi keseluruhan rentetan peristiwa yang diceritakan. Tetapi pada beberapa recount text, bagian reorientation juga menjadi bagian dimana penulis dapat menuliskan pendapatnya tentang peristiwa yang diceritakan.

Setelah anda mengetahui bagian yang harus anda tulis pada sebuah recount text, sekarang anda harus mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan saat menulis contoh recount text. Agar recoun text yang anda tulis dapat dibedakan dengan jenis teks yang lain. Berikut adalah ciri-cirinya:

  1. Menggunakan kalimat Past Tense. Misalnya, last week, I went to Komodo Island with my family.
  2. Menceritakan peristiwa secara urut dengan menggunakan kata sambung. Misalnya but, and, the, after that, etc.
  3. terdapat latar waktu, cara dan tempat.
  4. Menggunakan kata kerja.

Membuat recount text tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Dengan mengikuti panduan, Anda akan dengan mudah membuatnya. Demikian pengenalan dan cara membuat recount text. apakah anda sudah bisa membuat recount text sendiri? Jangan lupa untuk memasukkan ciri-ciri recount text saat membuatnya. Jika ingin melihat contoh recount text, anda dapat mencarinya di internet atau buku bahasa Inggris. Selamat belajar!

Loading...
Keyword: recount text definition, recount text example