Contoh Text Narrative dan Nilai Moral: The story of Lion and Stag

By Categories : Narrative text

Belajar bahasa Inggris cerita – Sebagaimana kita pelajari di sekolah dan tutorial online, bahwa semua contoh text narrative itu mempunyai 2 fungsi dalam menyampaikan cerita dan berinteraksi sosial di masyarakt, apa 2 fungsi dalam cerita narratve itu?
1. Entrtaining the readers: Menghibur pembaca. Dalm banyak hal ketika orang orang sudah mulai susah dihibur, tdak bisa dipungkiri, cerita mempunyai tempat yang kooh di hati para pembacanya.
2. Teaching the readers some moral lessons: Memberikan perlajaran moral dan pelajaran nilai bagi pembacanya. Cerita yang disampaikan disamping menghibur juga akan mengajari pembacanya suatu nilai tertentu. Biasanya nilai ini berhubungan dengan kebaikan dan besosial dimasayrakat. Cerita dengan demikian bisa menjadi media pembelajaran yang umum bisa diterima oleh semua kalangan.
Nah itu itu sekaranng mari kita lhat sebuah cerita fable berikut yang memberikan pelajaran nilai yng cukup tinggi, menginspirasi, sekaligus mengajak untuk mereflikan diri tentang apa yang harusnya kita sebut sebagai “kebaikan” itu

The Hungry Lion and the Foolish Stag dalam Contoh Text Narrative

Contoh text narrative dan nilai moral - Singa Lapar dan Rusa Bodoh

Contoh text narrative dan nilai moral – Singa Lapar dan Rusa Bodoh: commons.wikimedia

A beautiful stag was drinking at a pool. He noticed his reflection in the water and was admiring the size and grandeur of his horns. After a few minutes of this he looked down at his feet and saw how thin and weak they looked. He felt embarrassed.
‘My horns are so wonderful, but I hate my tiny feet!’ he grumbled, and walked away sulkily. Meanwhile, a hungry lion had been following him. The lion said under his breath, ‘What a delicious lunch you are going to be!’ The stag turned and saw the lion, then started to run quickly across the plain. His nimble feet gave him the advantage over the lion and he quickly reached the forest.
‘You won’t catch me now!’ called the stag to the lion, who was still far away. However, after entering the forest the stag soon found that his horns had become tangled in the branches of the apple trees above.
‘Oh no!’ cried the stag, ‘What a fool I have been! I hated the feet that would have saved me, but boasted about the horns that have made me a lion’s lunch! Every day the lion lies around waiting for a foolish stag like me to come along, and now… Oh dear!’
By this time the lion had approached, walking slowly and smiling broadly.
‘Mmm! I’ve been hoping for a meal like this all week! My dear friend the stag with his great big horns ambles into a forest… et voila! My lunch is served cold!’
‘Can’t we just try to get along?’ begged the stag, struggling desperately to free his fantastic horns.
‘Well,’ began the lion thoughtfully, ‘No, I don’t think so. You see you are a stag and I am a lion.’ Then he ate the stag whole – leaving just the horns, which he kept to hang on the wall of his lair.

Terjemahan Text Narrative – The Hungry Lion and the Foolish Stag
Bagi yang masih merasa belum bisa memahami apa isi cerita fable lion dan stage diatas, berikut diberikan pula terjemahan biar enak membacanya. Berikut artinya.

Cerita Singa Lapar dan Rusa Bodoh
Seekor rusa yang cantik sedang minum di sebuah kolam. Dia melihat bayangannya didalam air dan mengagumi ukuran dan kemegahan tanduknya. Setelah beberapa menit mengagumi tanduknya, ia menatap kakinya dan melihat bagaimana kurus dan tampak lemahnya kaki-kai itu. Diapun merasa malu.
‘Tanduk saya begitu indah, tapi aku benci kaki kecil saya! “Gerutunya, dan berjalan pergi cemberut. Sementara itu, seekor singa yang lapar telah mengikutinya. Singa berkata pelan, “Betapa lezatnya makan siang ini sebentar lagi” Rusa itu berbalik dan melihat singa, kemudian berlari cepat melintasi dataran kosong. Kaki lincah memberinya keuntungan dan rusa itupun dengan cepat mencapai hutan.
“Kau tidak akan bisa menangkap saya sekarang!” Sebut rusa kepad singa yang yang masih tertinggal jauh. Namun, setelah memasuki hutan rusa segera menyadari bahwa tanduknya tersangkut pada cabang-cabang pohon apel di atas nya.
“Oh tidak!” Teriak rusa, “Betapa bodohnya aku ini! Aku telah membenci kaki yang akan menyelamatkan aku, tetapi mengagumi tanduk yang malah membuat aku tidak berdaya dan menjadi makan siang singa! Setiap hari singa itu menunggu disekitar akan datangnya rusa bodoh seperti aku, dan sekarang … Oh…tidak ”
Saat itu Singa sudah mendekat, berjalan perlahan dan tersenyum lebar.
‘Mmm! Aku sudah berharap spanjang minggu untuk makan seperti ini! Temanku sayang, rusa dengan tanduk yang besar besar, masuk ke dalam hutan … emm ! Makan siang disajikan dengan nikmat! ”
“Tidak bisakah kita mencoba untuk berteman ?” Pinta rusa itu, yang berjuang mati-matian untuk melepaskan tanduknya.
“Yah,” Singa itu mulai dengan serius, “Tidak, Aku tidak berpikir begitu. Kau tahu? Kau adalah rusa dan aku seekor seekor singa ‘Kemudian singaitu memakan rusa sampai habis -. Menyisahkan tanduknya, yang Singa itu simpan untuk dijadikan hiasan di dinding sarangnya.

Apa nilai moral dari cerita text narrative Cerita Singa dan Rusa diatas?
Hal yang kita banggakan kadang ternyta tidak ada nilainya sama sekali malah sebaliknya sesuatu yang tidak kita perhatikan sebenarnya yang paling berharga. Nilai moral itu adalah:

what is most truly valuable is often underrated.

Bahwa kita sering tidak menyadari apa yang paling benar-benar berharga itu malah sering diremehkan. tidak dianggap, disepelhkan, dianggap tidak ada gunanya, dll. Untuk cerita text narrative bahasa Inggris lainnya, bisa liaht artikel berikut.

Begitulah sebuah contoh text narrative yang penuh dengan nilai moral, dan pelajaran agar bisa menjadi refleksi bagi pembacanya yang mau bepikir dan berubah lebih baik. Akhirnya selamat menikmati cerita dan tetap terus semangat belajr bahasa Inggris biar kemampuan speaking dan writing kita makin baik.

Loading...
Keyword: contoh narrative text fabel beserta moral value, contoh teks narrative fabel beserta artinya, contoh narrative text fable dan terjemahannya, narrative text singkat fabel, narrative text fable beserta moral value, contoh narrative text fabel singkat dan terjemahannya, narrative text fabel pendek beserta artinya, moral value dalam cerita lion and his fear, teks narative fabel, contoh fables, narative text the story of lion and stag, nilai moral narrative text, teks naratif the lion and his fear, the hungry lion and the foolish stage, contoh narrative text fabel bahasa inggris