Pengertian Adverb (Kata Keterangan)

By Categories : Grammar lesson

Adverb adalah kata keterangan yang berfungsi untuk memberikan penjelasan terhadap Verb (Kata Kerja) atau tindakan kegiatan yang dilakukan oleh Subjek kalimat. Adverb selalu memberikan keterangan kata kerja dan kadang adjective (kata sifat). Hal ini yang mebedakan dengan kata sifat yang mempunyai fungsi utama sebagai pejelas noun (kata Benda).
Adverb  adalah satu dari 8 jenis kata dalam bahasa Inggris  (parts of speech) yang harus dikuasai oleh siapa saja yang ingin menguasai bahasa internasional ini dengan baik. Kenapa begitu? Tidak lain karena 8 part of speech inilah unsur utama pembentuk setiap kalimat bahasa Inggris.

Pengertian, jenis dan cara membentuk adverb bahasa Inggris

Definisi Adverb dalam Bahasa Inggris

Dalam kaitanya untuk memberikan keterangan kepada kata kerja dan kata sifat pada stuktur kalimat, Adverb dibagi menjadi beberapa jenis:

Adverbs of Manner
Ini adalah jenis adverb yang paling sering diketahui dalam pembelajaran Kata Keterangan. Adverb of Manner adalah kata keterangan cara yang dilakukan (predicate) oleh subject. Pada umumnya adverb of manner ini ditandai dengankata yang  berakhiran “ly”, seperty:

beautifully, slowly, quickly, loudly, dan lainnya.

Contoh kalimat yang menggunakan adverb of manner:

  • The man sings the song beautifully.
  • She moved slowly and spoke quietly.
  • All people make the project carefully

Kata “beautifully”, “slowly”, “quietly” dan “carefully” adalah kata keterangan cara yang dilakukan oleh para subject setiap kalimat diatas

Adverbs of Frequency
Adverb of Frequency adalah jenis adverb yang memberikan keterangan kepada Verb (Kata Kerja) dengan informasi frequency (seberapa sering kegitan itu dilakukan. Adver of frequency yang paling sering dipakai dalam kalimat adalah; often, seldom, usually, always, sometimes, ever, never, dan lainnya.
Contoh kalimat yang menggunakan Adverb of Frequency adalah sebagai berikut:

  • We usually have breakfast before we go to school
  • Everybody ever makes mistakes in his life
  • She often goes by herself.

Kata “usually”, “ever”, dan “often” adalah contoh adverb of frequency karena  memberikan penjelasan seberapa serig kegiatan sarapan, membuat kesalahan, dan pergi yang dilakukan oleh subjek kalimat.

Adverbs of Place
Adverb of  place adalah kata keterangan tempat yang digunakan oleh subject kalimat dalam melakukan pekerjaan (predicate) nya. Setiap kalimat yang lengkap akan menyertakan informasi dimana kegiatan pelaku kalimat itu dilakukan.
Pada umumnya, Adverb of Place itu berbentuk phrase (kumpulan beberapa kata yang membentuk makna dan belum mempunyai struktur Subject dan Predicate). Frase yang sering digunakan adalah Prepositional Phrase atau frase yang mengandung kata depan seperti “ on”, “to”, “in” dan lainnya. Contoh kalimat yang menggunakan Adverb of Place adalah:

  • All students sit on the chairs in the classroom
  • She has lived on the island all her life.
  • She still lives there now.

Frase “in the classroom” , “on the island” dan kata “there” adalah kata keterangan tempat sebagai adverb

Adverbs of Time
Selain memberikan keterangan tenmpat, ada jenis adver yang memberikan keterangan waktu. Inilah yang kita sebut sebagai Adverb of Time. Secara theory, jenis adverb waktu ini tidak berbeda dengan adverb of place. Kalimat yang menggunakan adverb of time contohnya sebagai berikut:

  • Please, come on time
  • Don’t gome too late
  • She finished her tea first

Kata dan frase “on time’, “too late”, dan “first”  adalah contoh adverb of time yang memberikan informasi keterangan waktu kapan kegiatan (predicate) itu dilakukan oleh subject kalimat.

Adverbs of Purpose
Adverb of Purpose sebenaranya sering masuk pada pembahasan “to infinitive” yaitu bentuk kata kerja1 yang diawali dengan kata “to”. Frase ini umumnya untuk memberikan makna tujuan atau maksud. Contoh kalimat yang menggunakan Adverb of Purpose adalah sebagai berikut:

  • We do this exercisecarefully to make sure that ever thing is on the track
  • She drives her boat slowly to avoid hitting the rocks.
  •  She shops in several stores to get the best buys.

Frase “ to make”, “ to avoid”, dan “ to get” adalah contoh adverb of purpose dalam kalimat bahasa Inggris.

Adverb of Degree
Adverb of degree digunakan untuk menerangkan tingkat, level atau intensitas suatu keadaan. Umunya digunaka untuk memperjelas adjective tapi tidak salah juga kalau dipakai untuk menerangakan verb dan adverb itu sendiri.
Kosa kata bahasa Inggris yang dianggap sebagai adverb of degree misalnya:

Almost, nearly, quite, just, too, enough, hardly, scarcely, completely, very, extremely, dan lainnya.

Contoh penggunaanya dalam kalimat bahasa Inggris

  • The weather is extremely cold
  • We  have almost finished before they destroy all things
  • The girl prepares too hard for the competition

Kata “extremely” dipakai untuk menerangkan adjective yaitu “cold”. Semnetara kata “almost dipakai untuk menerangakan verb yaitu “finished”. Kalimat ke 3 menggunkan kosa kata “too” untuk menerangkan adverb itu sendiri yaitu “ hard”

Aturan Pembentukan Adverb Bahasa Inggris

Yang paling sering dipelajari dalam pembentukan adverb biasanya adalah akhiran “ly” pada setiap kata yang ingin dirubah menjadi adverb of manner dengan memperhatikan hal hal sebagai berikut:
1. Kebanyakan jenis adverb of manner  dibentuk dengan menambahkan ly ke dalam kata sifat yang ingin digunakan, misalnya: slow menjadi slowly, immediate menjadi immediately, final menjadi finally, dan lain sebagainya.

Catatan penting:
Perubahan y menjadi i, misalnya happy menjadi happily; e yang tidak berubah dan hanya ditambahan ly, misalnya extreme menjadi extremely.
Pengecualian untuk adverb seperti due (duly), whole (wholly), dan true (truly); kata sifat yang memiliki konsonan + le pada akhir, maka buang e dan tambahkan y, misal gentle menjadi gently. Contoh penggunaan sederhana: frog in the pond is slowly dying.

2. Kata sifat berakhiran ly. Beberapa kata sifat seoerti leisurely, kindly, monthly, weekly, dan daily bisa menjadi kata sifat atau adverb. Kendati demikian kebanyakan kata sifat lain yang memiliki tambahan ly seperti lonely, likely, friendly, dan sebagainya, tidak bisa digunakan sebagai adverb dan juga tak memiliki bentuk adverb.
Untuk mengatasi hal ini, bahasa Inggris mengunakan bentuk yang serupa dengan adverb, atau menggunakan frasa adverb, misalnya: likely (adjective) menjadi probably (adverb), atau friendly (adjective) menjadi in a friendly way (frasa adverb). Contoh penggunaan sederhana: his father probably a silk merchant.

3. Beberapa adverb memiliki maksud yang lebih sempit dibandingkan dengan sifat yang dituju oleh penggunaan kata tertentu. Misal, warmly, hotly, coolly, dan coldly seringkali digunakan untuk mengekspresikan perasaan, contoh:

  • She welcomed us warmly (maksudnya: dengan cara yang bersahabat)
  • they denied the accusation hotly (maksudnya: tersinggung)

Akan tetapi ketika anda menggunakan warmly dressed, ini berarti memakai pakaian hangat.

4. Ad beberapa kata yang bisa menjadi Adjective danjuga Adverb. Kedua part of speech ini memiliki bentuk yang sama, misalnya kata; back, deep, direct, early, enough, far, fast, hard, high, ill, dan lain sebagainya. Contoh penggunaannya adalah:

  • He will come back soon (adverb)
  • He uses the back door to get back to start (adjective)

Kedua kalimat diatas sama sama menggunakan kata “back” namun masing masing memakainya dengan cara berbeda. Kalimat pertama menggunakan kata “back” sebagai adverb sementara kalimat kedua menggunakannya sebagai adjective.

Begitulah pengertian adverb (kata keterangan) dalam bahasa Inggris ini. Adverb termasuk jenis kata yang cukup sering digunakan dalam setiap kalimat. Maka memahaminya dengan baik akan sangat membantu kemampuan kita dalam membaca, mendengar , menulis dan berbicara dengan bahasa Inggris.

Loading...
Keyword: pengertian adverb, contoh kalimat adverb, kalimat yang menyertakan kalimat adverb, apa itu adverb, adverb adalah, contoh adverb diawali pat, penggunaan dan contoh adverb, kalimat adverb, arti kata dari daily weekly monthly, apakah kata first termasuk adverb ?, cara buat ayat adverb of manner loudly, careful termasuk kata apa??, adverbal kata apa, contoh kalimat adver, contoh kalimat adverb beserta artinya