Pengertian Narrative Text Yang Benar

By Categories : Narrative text

Apa pengertian narrative text itu? Saya sering mendapati pertanyaan semacam itu berkaitan dalam belajar jenis teks bahasa Inggris. Pertanyaan tersebut juga sering kita temukan dalam materi-materi kursus online yang ada banyak dalam Internet. Apa sebenaranya yang dimaksud dengan narrative text itu?

Banyak orang bilang bahwa  narrative adalah text cerita. Benarkah begitu? Cukupkah pemahaman kita bahwa narrative text dianggap sama dengan cerita? Definisi itu memang tidak salah namun anggapan bawah narrative adalah cerita titik, adalah kurang lengkap. Kenapa pengertian tersebut kurang lengkap?

Masih ingat dengan cerita Cinderella? Atau pernahkah membaca legenda Danau toba? Dan kita semua pasti pernah mendengar cerita tentang “Kera dan buaya” Semua contoh cerita yang sering kita dengar ditengah masyarakat memang benar kalau dianggap sebagi contoh narrative text. Setiap cerita yang folk tale, legend dan fable tersebut memberiakn gambaran tentang apa yang sedang dihadapi, diperjuangakan, dan kadan dipertahankan oleh masing-masing tokoh cerita.

Kenapa dalam 3 contoh cerita yang sangat populer diatas mengharuskan tokoh atau pelaku ceritanya berjuang? Tidak lain karena dihadapan para tokoh cerata tersebut membentang sebuah masalah. Masalah muncul ketiak suatu keinginan para tokoh cerita terebut menemui sebuah kenyataan yang tidak sesuai dengin keiginin.

cinderalla -  tokoh dalam cerita narrative

Cinderalla – contoh charracter dalam cerita narrative

Dalam cerita Cinderella, hak dan keinginan seorang Putri adalah dihargai dan kadang disajung serta dilayani. Namun kenyataanya beerbeda sama sekali dengan keinginan dan haknya tersebut ketika sang Putri dihadapkan pada kenyataan bahwa dia hidup bersama ibu dan saudara tirinya yang kebetulan meraka juga menghendaki keinginan yang sama seperti Cinderella. Cerita pun berlajut dimana masing masing tokoh cerita tesebut berjuang ungtuk mendapatkan keinginan tersebut. Maka tidak bisa dipungkiri, timbullah pertentangan diantara mereka.

Pun demikian dalam cerita legenda Danau Toba, Sang tokok cerita terikat dengan janjinya untuk tidak membongkar rahasia besar perempuan yang menjadi istrinya terebut. Memagang janji memang tidak mudah dan aka lebih sulit lagi ketika keadaan memaksa untuk  membongkarnya. Ceritapun berlanjut, ketika muncul suatu keaadan yang sangat  melibatkan emosional, dan janji itupun gagal dipertahankan. Itulah inner conflict.

Begitu juga dalam certa binatang diatas antar kera dan buaya. Cerita binatang ini sering kita sebut sebagai fable. Si kera ingin menyebrang sungai sementara didalam suangai adal buaya yang sedang lapar. Keadaan seperti itu ketika bertemu hampir pasti tidak bisa dihindari akan muculnya pertentangan. Sehingga masing masing pihak akan mempejuangkan hak dan keinginannya tersebut. Maka dalam cerita fable itu berlanjut dimana si kera ingin mendapatakan keinginanan yang “dihalangi” oleh keberaan laparnya si buaya.

Maka dapat disederhanakan bahwa setiap cerita yang mengandung pertentangan atau konflik bisa disebut sebagai contoh narrative text. Tekas narrative dalam bahasa inggris dipahami sebagi semua cerita yang melibatakan para tokoh ceritanya dalam 1 atau lebih conflict diantara mereka

Loading...
Keyword: pengerrian narrative