Pengertian Noun (Kata Benda)

By Categories : Grammar lesson

FreeEnglishCourse.info – Belajar bahasa Inggris bisa melalui berbagai cara, dari mengikuti kursus hingga belajar secara otodidak. Untuk menguasai bahasa Inggris secara baik, minimal ada dua aspek yang perlu kita perhatikan. 2 aspek tersebut adalah kosa kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar). Dalam pembahasan grammar, kita juga akan bersentuhan dengan bagian-bagian Kata (Parts of Speech), nah disinilah kita akan bertemu materi kursus kata beda (noun)

Pengertian Kata benda dalam bahasa Inggris pada dasarnya serupa dengan kata benda dalam bahasa Indonesia. Kata benda (noun) adalah semua kata yang merujuk pada objek yang dapat kita lihat dan rasakan sperti, tempat, manusia, tumbuhan, hewan, bahkan gagasan. Kata benda dalam bahasa Inggris juga dibagi ke dalam beberapa kelompok.

Pengertian noun kata benda dalam bahasa inggris

Macam-macam Noun (kata benda)

Berdasarkan jenisnya, kata benda dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu Concrete Noun (kata benda berwujud) dan Abstract Noun (kata benda tidak berwujud). Contoh dari Concrete Noun antara lain adalah book, man, daughter, chair, dan lain sebagainya. Sementara itu, contoh dari Abstract Noun antara lain adalah happiness, life, faith, dan lain-lainnya.

Selain kedua jenis tersebut, noun juga bisa dibedakan lagi menjadi Uncountable Nouns (kata benda yang tak dapat dihitung) dan Countable Noun ( kata benda yang bisa dihitung). Kata benda yang dapat dihitung diperjelas dengan pembahasan Singular Nouns (kata benda tunggal) dan Plural Nouns (kata benda jamak). Contoh dari Uncountable Nouns antara lain adalah water, air, milk, money, dan lainnya. Sementara contoh Countable Nouns antara lain apple, teacher, book, bicycle, dan lain sebagainya.

Pengertian Singular Noun dan Plural Noun

Noun , yang dibedakan menjadi coutable dan uncountabe, merupakan salah satu elemen dasar dalam Bahasa Inggris. Countable Noun dapat dibagi ke dalam dua jenis, yaitu Singular Noun dan Plural Noun. Singular noun juga dikenal sebagai kata benda bentuk tunggal, sementara plural noun adalah kata benda bentuk jamak.

Ada beberapa aturan yang perlu kita perhatikan dalam penggunaan singular noun dan plural noun dalam kalimat. Aturan pertama adalah dengan menambahkan akhiran “-s” untuk bentuk jamak dari singular noun. Aturan ini merupakan aturan yang paling umum digunakan pada bentuk jamak. Perhatikan contoh berikut ini.

  • Bentuk tunggal: Door (pintu). Bentuk jamak: Doors.
  • Bentuk tunggal: Hand (tangan). Bentuk jamak: Hands.
  • Bentuk tunggal: House (rumah). Bentuk jamak: Houses.

Selain dengan menambahkan akhiran “-s”, bentuk jamak dari singular noun juga dapat dibentuk dengan menggunakan akhiran “-es”.  Kata benda yang menggunakan akhiran “-es” untuk bentuk jamaknya adalah kata-kata yang diakhiri dengan huruf “s”, “x”, “sh”, “o”, dan “ch”. Perhatikan contoh berikut ini.

  • Bentuk tunggal: Bench (bangku). Bentuk jamak: Benches.
  • Bentuk tunggal: Box (kotak). Bentuk jamak: Boxes.
  • Bentuk tunggal: Class (kelas). Bentuk jamak: Classes.
  • Bentuk tunggal: Hero (pahlawan). Bentuk jamak: Heroes.

 

Sementara itu, ada juga kata benda yang diakhiri dengan huruf “o” hanya ditambahkan akhiran “-s” saja untuk bentuk jamaknya. Perhatikan contoh berikut.

  • Bentuk tunggal: Photo (foto). Bentuk jamak: Photos.
  • Bentuk tunggal: Piano (piano). Bentuk jamak: Pianos.

 

Bila kata benda tersebut diakhiri dengan huruf “y” yang didahului oleh huruf mati, maka untuk bentuk jamaknya “y” diganti dengan “i” kemudian ditambahkan akhiran “-es”. Contoh penggunaannya sebagai berikut.

  • Bentuk tunggal: Baby (bayi). Bentuk jamak: Babies.
  • Bentuk tunggal: City (kota). Bentuk jamak: Cities.
  • Bentuk tunggal: Lady (wanita). bentuk jamak: Ladies.

 

Sementara itu, untuk kata benda yang berakhiran huruf “y” namun didahului oleh huruf vocal, maka bentuk jamaknya hanya ditambahkan akhiran “-s” saja. Bentuk plural noun lain adalah bentuk jamak untuk kata benda yang diakhiri dengan huruf “f” atau bunyi “-fe”. Pada kata-kata ini, huruf “f” dan “-fe” diubah menjadi “ves”. Contohnya sebagai berikut.

  • Bentuk tunggal: Half (setengah). Bentuk jamak: Halves.
  • Bentuk tunggal: Thief (pencuri). Bentuk jamak: Thieves.

 

Pengertian Countable Noun dan Uncountable Noun

Countable noun adalah kata benda yang bersifat dapat dihitung atau dapat menunjukkan kuantitas tertentu. Sementara itu, uncountable noun dikenal juga dengan istilah kata benda yang bersifat tak dapat dihitung. Kata benda ini biasanya menggunakan satuan ukuran untuk menjelaskan kuantitasnya.

Ada banyak benda yang dapat dikategorikan sebagai countable noun. Beberapa contoh dari countable noun antara lain adalah man, cat, dog, baby, animal, bottle, person, coin, box, chair, table, plate, cup, glass, bag, book, house, dan lain sebagainya. Sebagian besar benda-benda yang berada di sekitar kita merupakan countable noun. Perhatikan contoh penggunaan countable noun pada kalimat-kalimat berikut ini.

  • I’m going in for six minutes. (saya akan masuk selama enam menit.)
  • Do you love these cookies? (apakah kamu menyukai kue-kue ini?)
  • These are my books. (ini semua adalah bukuku.)
  • I’ve got some chair. (saya memiliki beberapa kursi.)

 

Sementara itu, uncountable noun adalah segala jenis benda yang tidak dapat dihitung tanpa menggunakan satuan ukuran tertentu. Beberapa contoh dari uncountable noun antara lain adalah water, milk, sand, rice, air, sugar, tea, cheese, coffe, advice, fun, music, dan art. Untuk penggunaannya dalam kalimat, kita bisa memperhatikan contoh-contoh berikut ini.

  • I love movies. (saya suka film.)
  • Would you like some tea? (apakah kita ingin minum teh?)
  • Shall we lay down on the grass? (bisakah kita berbaring di atas rumput?)

Hal lain yang perlu kita perhatikan dalam penggunaan countable noun dan uncountable noun adalah penggunaan quatifiying words seperti  few, little, many, much, some, dan any. Kata much dan many sama-sama merujuk pada jumlah yang banyak. Much digunakan pada uncountable noun sementara many pada countable noun. Sedangkan few dan little sama-sama berarti jumlah yang sedikit. Few digunakan pada countable noun sementara little digunakan ada uncountable noun. Some dan any sama-sama berarti beberapa. Untuk lebih jelasnya, kita bisa memperhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini.

  • I’ve got some news. (saya punya beberapa kabar.)
  • Have you got any books? (apakah kita punya beberapa buku?)
  • I’ve got a little time. (saya hanya punya waktu sedikit.)
  • I’ve got much rice. (saya punya banyak beras.)

Begitulah pengertian Noun (kata benda) dalam bahasa Inggris. Dengan pemahaman yang bagus tentang kata benda ini saja, kita akan mampu membuat dan mengerti kalimat-kalimat sederhana baik yang tertulis maupun yang  dibicarakan. Akhirnya selamat belajar.

Loading...
Keyword: perbedaan hero dan heroes, contoh satuan uncountable noun, bahasa inggrisnya foto jamak, bedanya hero dan heroes, kata benda dalam bahasa verb action dibagi menjadi 2 apa itu, kata course termasuk noun atau apa