Penggunaan MUST dan HAVE TO

By Categories : Grammar lesson

Dalam belajar bahasa Inggris, kita sering sekali bertemu dengan Modal (kata bantu) dalam kalimat tulis atau percakapan bahasa Inggris. Apa arti “Must” dan “Have to” dalam bahasa inggris? Apa pula perbedaan antara keduanya? Berikut adalah penjelasan dan penggunaan Must dan Have to disertai dengan contohnya.

Sering sekali kita mengungkapkan sebuah keharusan dalam kehidupan sehari hari. Dalam bahasa Inggris, “harus” bisa diungkapkan atau ditulis dengan kata MUST dan HAVE TO, contohnya:

  • I must study hard = Saya harus belajar giat
  • The men have to paint the house = Orang itu harus mengecat rumah

Dua kalimat diatas sama sama mempunyai makna keharusan terhadap melakukan sesuatu. Dalam bahasa Inggris keharusan ini dinamakan obligation, responsibility, atau necessity.
Pemakaian MUST dan HAVE TO seperti 2 kalimat diatas adalah berlak/saling mengganti untuk satu dengan yang alinya. Keduanya memiliki penggunaan yang sama dalam konteks kalimat positif atau berita. Sedangkang untuk jenis kalimat negative MUST NOT dan DO NOT HAVE TO mempunyai arti yang sangat berbeda.

penjelasan must dan have to bahasa inggris

Perbedaan & persamaan Must dan Have to

MUST = Harus (obligation)
Kata MUST digunaka ketika ingin mengungkapakan bahwa sesutau itu harus dilakukan dan hanya bisa dipakai untuk PRESENT ( saat sekarang) dan FUTURE (masa yang akan datang) Kata MUST yang diartikan “harus” tidak bisa digunakan dalam PAST (waktu lamapau). Beberapa kalimat berikut bisa dijadikan baham pemahaman

  • I must study now
  • I must call my mother tomorrow

Pada kalimat pertama, MUST digunakan untuk masa sekarang, saat berbicara. Kalimat ke 2 MUST digukana untuk mengungkakan keharusan yang perlu dilakukan besok (masa yang akan datang. Sekali lagi kata MUST tidak bisa digakan untuk mengukapkan keharusan yang telah terjadi (past).
Kata MUST yang berarti “harus” ini bersifat subjective, artinya sifat keharusnya itu lebih didorong karena keinginan sendiri bukan karena faktor pihat lain.

HAVE TO = perlu (necessity)
Kata HAVE TO digunakan dalam bahasa Inggris ketika kita ingin mengungkapakan atau menulis perlunya melakukan sesuatu. Pemaknahan “perlu” dan “harus” memang tidak berbeda banyak. Kata HAVE TO lebih dimaknahi sebagi perlunya melakukan sesuatu tersebut karena desakan atau pengaruh pihak lain diuar pembicara dan penulis. Mari kita lihat contoh berikut:

  • I love English. I must speak English = harus karena keinginan sendiri
  • I build my career in this company. I have to speak English = perlu karena ada dorongan faktor luar

Kata HAVE TO bisa digunakan untuk emngungkapakan perlunya sesuatu itu dilakukan diwaktu sekarang, besok atau kemarin, contohnya:

  • We have to go now
  • They will have to arrive early
  • I had to buy that trousers

Kata HAVE TO diaggap sebagai kata kerja biasa (verb) bukan modal atau kata bantu. Maka ketika kita merubahnya dalam kalimat negative dan interogative kita perlu bantuan “auxiliary verb” seperti¬† DO, DOES, atau DID. Kita lihat contoh berikut!

  • Do we have to go now?
  • The man does not have to go early
  • I did not have to buy that trousers

MUST NOT = larangan (prohibition)
Membentuk kalimat negative dari kata MUST sangat diperbolehkan namun mempunyai arti yang sangat berbeda dengan kalimat positifnya. Kata MUST artinya “harus”¬† tetapi kata MUST NOT punya arti “dilarang” BUKAN “tidak harus”. Untuk lebih jelasnya, mari liahat beberapa kalimat berikut!

I must help you = Saya harus membantu kamu
I must not help you = Saya dilarang membantu kamu
I do not have to help you = Saya tidak harus / tidak perlu membantu kamu.

Begitulah aturan aturan grammar ketika menggunakan kata MUST dan HAVE TO sebagi ungkapan obligation, necessity, dan prohibition. Kalau ada yang kurang tepat, bisa dikoreksi. Semoga ada gunanya.
Referensi:
http://esl.about.com/od/intermediate-modals/a/Must-Have-To.htm
http://www.englishclub.com/grammar/verbs-modals-have-to-must-not-2.htm

Loading...
Keyword: materi obligation, arti have to, contoh kalimat have to, contoh kalimat obligation, contoh kalimat obligation in present time, contoh soal necessity and obligation beserta jawabannya, penggunaan kata have to must