Simple Past Tense dan Contohnya

By Categories : Grammar lesson

Sebagaimana kita ketahui bahwa bahasa Inggris memiliki 16 tenses. Dan kali ini kita akan belajar Simple Past Tense dan contohnya dalam kalimat verbal maupun nominal yang dimana tense jenis ini sering sekali dipakai sebagai language feature (ciri bahasa) pada contoh narrative text, dan spoof. Apa hubungannya antara tense ini dengan pelajaran jenis text bahasa Inggris?

Belajar grammar di era text types based approach ini, pengertian tiap tenses, termasuk Simple Past Tense harus difungsikan untuk membantu memahami ke 4 jenis teks diatas. Jika tidak, maka tenses akan tetap dianggap sebagai hal yang membingungkan dan bahkan dianggap sebagai “penghambat” dalam meningkatkan kemampuan skill bahasa Inggris.

pengertian rumus dan contoh simple paste kalimat verbal nominal

Rumus dan contoh Simple Past Tense

Kita semua pasti sering memebaca slogan slogan pelatihan dan kursus bahasa Inggris Online atau Offline seperti; “belajar Bahasa Inggris tanpa grammar” atau yang ini “Lupakanlah tenses dan speak English fluently”. Ehm semua menganggap grammar dan tenses justru sebagai pengahambat.

Anggapan seperti diatas tidaklah salah mengingat kita sering memepelajari grammar dan tenses sebagi sub tersendiri dan tidak terlalu dikaitkan dengan 4 skill funsional bahasa Inggris yaitu reading, writing, listening dan speaking. Untuk itu, kita akan mulai menggunakan pemahaman Simple Past Tense ini sebagi salah satu kunci untuk meningkatkan skill Reading Comprehension yaitu memahami jenis teks dengan muatan masa lampau seperti contoh text spoof, dan tentu teks yang lain.

Pengertian Simple Past Tense Bahasa Inggris

Pengertian Simple Past Tense dalam bahasa Inggris adalah sebuah tenses yang khusus digunakan untuk menyatakan semua peristiwa yang telah terjadi di waktu lampau sebelum diucapkan. Tak perduli terjadinya peristiwa itu sudah 10 tahun yang lalu, atau telah terjadi 1 bulan yang lalu, atau malah baru saja terjadi 1 menit yang lalu. Pokoknya kalau telah terjadi sebelum dibicarakan, semua peristiwa, kejadian, atau kegiatan itu akan dinyatakan dan ditulis memakai rumus Simple Past Tense.

Dalam penulisan teks berjenis narrative, recount, news item dan spoof, sering sekali satu peristiwa berkaitan atau berbarengan terjadinya dengan peristiwa yang lain. Untuk itu pengetahuan terhadap pengertian Simple Past Tense ini saja masihlah belum cukup kalau tidak dilengkapi dengan Tenses lampau yang lain yaitu Past Continuous Tense, Past Perfect Tense, bahkan Past Future Tense. Namun dalam kesempatan kali ini, hanya khusus mempelajari pengertian 1 tense dulu yaitu SImple Past Tense dengan tidak lupa dilengkapi rumus cara membuatya.

Rumus Simple Past Tense Kalimat Nominal dan Verbal

Secara umum bila kita membahas Tense jenis lampau, kita pasti berhadapan dengan Verb (kata kerja) bentuk kedua sebagai prediket kalimat tersebut. Ingatlah bahwa semua kalimat bahasa Inggris itu kalau dikelompokan hanya menjadi 2; yaitu kalimat nominal dan kalimat verbal

Rumus Simple Past Tense Kalimat Nominal

  • S + Tobe (wasa tau were) + Complement = Cinderella was beautiful
  • S + Tobe (was atau were) + Not + Complement = Cinderella was not beautiful
  • Tobe (was atau were) + S + Complement ? = Was Cinderella beautiful?

Rumus Simple Past Tense dalam kalimat positive, negative , dan interogative diatas khusus diterapkan pada kalimat nominal. Dinamakan kalimat nominal (nominal sentence) karea kalimat diatas tidak memakai Verb (kata kerja) sebagai prediketnya. Untuk itu kalimat itu membutuhkan kata bantu yaitu tobe dalam bentuk lamapau “was” atau “were”

Rumus Simple Past Tense Kalimat Verbal

  • S + Verb2 + O = Cinderella received an invitation
  • S + Did + Not + Verb1 + O = Cinderella did not receive an invitation
  • Did + S + Verb1 + O ? =  Did Cinderella receive an invitation?

Rumus Simple Past Tense Kalimat positive, negative, dan interogative diatas khusus digunakan untuk kalimat verbal. Sudah tahukan kenapa disebut kaliamt verbal? Ya karena kalimat diatas menggunakan verb sebagai prediketnya.
Ingat: Ketika menjadi kalimat negative dan interogative, kata kerja nya kembali memakai verb1 sebab sudah diwakili kata bantu “did”

Penggunaan Simple Past Tense dalam Bahasa Inggris

Meski secara umum, Simple Past tense dipakai untuk menyatakan kegitan, peristiwa, atau kejadian di waktu lampau, namun hal ini dibedakan menjadi beberapa situasi mengingat satu peristiwa biasanya tidak berdiri sendiri tetapi berkaitan atau bersamaan dengan terjadinya peristiwa yang lain. Kalau diringkas, Simple Past Tense bahasa Inggris digunakan untuk:

1.    Menyatakan peristiwa yang teleh selesai di waktu tertentu di masa lamapau:

  • I saw him last night
  • They were happy  two hours ago

2.    Menyatakan rangkaian peristiwa dimasa lamapau

  • First the man got up, then he had breakfast.
  • I went to market and I bought a book

3.    Bersama dengan Past Continuous Tense, Simple Past Tense digunakan untuk menyatakn peristiwa yang terjadi ditengah sedang terjadinya peritiwa yang lain

  • The men were playing cards when the telephone rang.
  • It was raining when he knocked the door

Simple Past Tense dan Kata Keterangan Waktu

Setiap tenses bahasa Inggris biasanya memiliki kata keterangan waktu sendiri-sendiri. Untuk Past Simple Tense ini, kata keterangan waktu yang biasanya digunakan adalah:

yesterday, ago, this morning/evening, last night/week/month/year, a week ago, that day/afternoon, the other day/week, at seven o’clock, on Tuesday, in 1990, just, recently, once, earlier, then, next, after that

Sudah tahukan arti dari masing masing kata atau frase yang digukan untuk memberikan keterangan waktu pada Simple Past Tense diatas? Kalau belom, ask Goole or Consult your dictionary hehhehe

Simple Past Tense dan Contohnya pada Jenis-jenis Text bahasa Inggris

Ada 4 mjenis teks bahasa Inggris yang biasanya memakai Simple past Tense sebagai Language Feature (cirri bahasa) dalam penulisannya. Kita lihat contoh berikut ini:

1.    Simple past Tense pada teks narrative

Once upon a time, there was a young girl named Cinderella. She lived with her step mother and two step sisters.

Dalam cerita narrative  tentang Cinderalla diatas, semua kalimatnya ditulis memakai Simple Past Tense. Ada yang tahu kenapa? Ya karena Tokoh Cinderela dan semua peristiwa yang dialaminya dianggap lampau alias telah terjadi. Sehingga memakai ”was” pada kalimat pertama. Kata kerja “lived” pada kaliamt kedua

2.    Simple Past Tense pada kebanyakan contoh text recount

Let me remind you my experience during an earthquake last week. When the earthquake happened, I was on my car. I was driving home from my vocation to Bali.

Potongan paragraph pendek diatas adalah recount text dan tentu kebanyakan pasti ditulis memakai Simple Past Tense dan sebagai mana dikatakan diatas juga bersamaan memakai tenses Past Continuous Tense.

3.    Simple Past Tense yang umumnya ditemukan pada setiap contoh news item text

The explosion in Idvor, north of Belgrade, occurred at 2:30 a.m. Sunday (0030 GMT Sunday; 8:30 p.m. EDT Saturday) when a man activated the grenade at the entrance to the club.

Ada peristiwa ledakan hari minggu jam 2:30AM masuk perspekti lamapau karena wartawan biasanya masih membutuhkan beberapa saat ketika peritiwa itu terjadi

Nah bagaimana pengertian dan contoh simple Past tense diatas? Saya rasa sudah cukup,  kesempatan lain akan diberikan pembahasan tenses yang lain. Semoga ada manfaatnya.

Loading...
Keyword: contoh cerita simple past tense beserta artinya, contoh paragraf simple past tense, kumpulan cerita past tense, cerita masa lampau menggunakan past tense, contoh paragraf past tense beserta artinya, contoh cerita masa lalu menggunakan simple past tense, contoh paragraf past tense, contoh cerita menggunakan simple past tense, contoh paragraf english past tense, contoh cerita past tense, contoh cerita simple past tense, cerita masa kecil menggunakan past tense, 10 kegiatan yang terjadi dengan menggunakan simple past, paragraf simple past tense, kumpulan paragraf simple past tense